Pengertian dari istilah – istilah Notasi

Nada Teori musik menerangkan bagaimana nada dinotasikan atau dituliskan serta bagaimana nada itu di tangkap dalam benak pendengarnya. Dalam musik, gelombang nada umumnya dibicarakan tidak dalam panjang gelombangnya ataupun periodenya, tetapi dalam frekwensinya. Aspek-aspek basic nada dalam musik umumnya diterangkan dalam tala (pitch, yakni tinggi suara), waktu (berapakah lama nada ada), intensitas, serta timbre (warna bunyi).


Suara Nada bisa dibagi-bagi kedalam suara yang mempunyai tinggi suara atau tala spesifik menurut frekwensinya maupun menurut jarak relatif tinggi suara itu pada tinggi suara patokan. Ketidaksamaan tala pada dua suara dikatakan sebagai interval. Suara bisa ditata dalam tangga suara yang tidak sama. Tangga suara yang paling umum yaitu tangga suara mayor, tangga suara minor, serta tangga suara pentatonik. Suara basic satu karya musik memastikan frekwensi setiap suara dalam karya itu. Suara dalam teori musik diatonis barat diidentifikasikan jadi 12 suara yang semasing dinamakan yakni suara C, D, E, F, G, A serta B. Dan bebrapa suara kromatis yakni Cis/Des, Dis/Es, Fis/Ges, Gis/As, serta Ais/Bes.
Ritme Ritme yaitu penyusunan bunyi kurun waktu. Birama adalah pembagian grup ketukan kurun waktu. Sinyal birama tunjukkan jumlah ketukan dalam birama serta not angka mana yang dihitung serta dipandang jadi satu ketukan.
Notasi Notasi musik adalah penggambaran tertulis atas musik. Ke-2 unsur itu membuat paranada, di samping beberapa panduan suara basic, tempo, dinamika, dsb. Dapat pula jadi, symbol atau untuk menerangkan tinggi serta rendahnya nada atau suara yang berupa satu gambar.
Melodi Melodi yaitu rangkaian suara kurun waktu. Rangkaian itu bisa dibunyikan sendirian, yakni tanpa ada iringan, atau bisa adalah sisi dari rangkaian akord kurun waktu (umumnya adalah rangkaian suara teratas dalam akord-akord itu). Melodi terjadi dari satu rangkaian suara dengan horisontal. Unit paling kecil dari melodi yaitu Motif. Motif yaitu tiga suara atau lebih yang mempunyai maksud atau arti musikal. Paduan dari Motif yaitu Semi Frase, serta paduan dari Semi Frase yaitu Frase (Kalimat). Satu Melodi yang paling umum umumnya terbagi dalam dua Semi Frase yakni kalimat bertanya (Antisiden) serta kalimat jawab (Konsekwen).
Serasi Harmoni pada umumnya bisa disebutkan jadi peristiwa dua atau lebih suara dengan tinggi berlainan dibunyikan berbarengan, meskipun serasi dapat juga berlangsung apabila suara – suara itu dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Serasi yang terbagi dalam tiga atau lebih suara yang dibunyikan berbarengan umumnya dimaksud akord.

Angka-angka di samping staff nanti tidak ditulis. Angka-angka itu cuma tunjukkan bila penghitungan garis serta spasi diawali dari bawah. Jadi garis pertama yaitu garis paling bawah, serta garis ke-5 yaitu garis teratas. Didalam staff ini nanti juga akan ditempatkan notasi serta sinyal diam.

Di tiap-tiap awal staff senantiasa ditulis yang dimaksud dengan clef. Clef di kurikulum sekolah umum dimaksud dengan “tanda kunci“. Lazimnya di pelajaran sekolah di kenal kunci/clef G, F, serta C, tapi yang umum digunakan yaitu kunci G serta kunci F. Banyak pula yang katakan bila Kunci G umum dimaksud “Treble“, kunci F dimaksud “Bass“, serta kunci C dimaksud “Tenor“.