Cara Membuat Kopi yang Enak Ala Café

cara membuat kopi ala cafe

Cara Membuat Kopi – Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia, bahkan ada beberapa orang yang menjadikan kopi sebagai teman disetiap aktivitasnya setiap hari. Banyak cara membuat kopi yang enak dan nikmat, mulai dari cara yang sederhana, simple sampai dengan cara yang rumit. Setiap metode pembuatan yang dilakukan tentu akan menghasilkan minuman kopi yang berbeda entah dari rasanya ataupun dari aroma yang dihasilkan. Banyaknya anggapan mengenai efek negative dari kopi ternyata tidak menjadikan setiap orang yang menyukai jadi berhenti minum kopi karena pendapat itu.

Metode dan Cara Membuat Kopi

Sebenarnya secara sederhana pembuatan sebuah kopi itu mudah dengan mempertimbangkan segala komponen yang ada didalamnya mulai dari air, kopi, alat, cara penyeduhan sampai dengan cara penyajian. Jika Anda memahami cara pembuatan kopi yang tepat tentu akan mudah menghasilkan minuman yang nikmat. Nah, berikut ini beberapa metode yang dapat Anda lakukan dalam membuat secangkir kopi yaitu:

  • Filter method.

Dapat dikatakan metode ini paling sering dilakukan oleh masyarakat dan tentunya juga karena lebih mudah. Caranya Anda mulai dengan meletakkan kopi pada kertas saring yang terdapat diatas bejana kopi. Kemudian tuang air panas yang diatasnya dan seduh dengan memanaskan bejana tersebut, dan tidak lama kemudian kopi telah siap untuk disajikan.

  • French press.

Mungkin bagi Anda yang sering pergi ke cafe-café atau kedai kopi pasti akan melihat alat yang disebut dengan French press ini. Cara membuat kopi enak ini cukup mudah, Anda tinggal meletakkan kopi bubuk secukupnya pada alat tersebut dan tuangkan air mendidih yang sebelumnya telah didiamkan terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk menuang air pada posisi lebih tinggi. Setelah itu aduk kopi, semakin lama diaduk kopi akan menghasilkan aroma yang menyatu. Setelah itu Anda bisa menekan tutup alat tersebut secara perlahan, dan kopipun siap untuk dinikmati.

  • Espresso.

Tidak sedikit orang yang sudah tidak asing dengan mesin pembuat kopi canggih ini, sangking canggihnya temperature atau semuanya dapat diatur secara otomatis. Tetapi walaupun begitu tetap saja minuman kopi yang dihasilkan ditentukan oleh pengalaman dari pembuatnya. Pembuatannya sendiri cukup rumit, tetapi tetap bisa dipelajari secara perlahan.

  • Tubruk.

Metode selanjutnya dengan cara pembuatan secara alami, maksudnya alami disini adalah tanpa adanya bantuan mesin ataupun alat canggih. Jadi Anda tinggal menyiapkan teko, cangkir dan sendok dan langsung menubrukkan antara kopi dan air secara bersama.

Dari beberapa cara tersebut mungkin Anda bisa menentukan sendiri metode mana yang paling mudah dan dapat menghasilkan minuman kopi yang benar-benar nikmat. Walaupun sebenarnya masih banyak cara membuat kopi yang enak tetapi yang paling sering digunakan dalam keseharian adalah yang telah dijelaskan diatas. Jika Anda tidak ingin kerepotan membeli alatnya dapat mencoba dengan cara tubruk yang lebih manual.

Sumber : https://www.mldspot.com/food/7-cara-membuat-kopi-susu-yang-enak-edgy-di-pagi-hari