Bagaimana Cara Kerja Sistem AC Chiller?

Chiller menggunakan siklus kompresi uap atau penyerapan refrigeran untuk mendinginkan cairan untuk perpindahan panas. Kedua tipe ac chiller mengandalkan tiga prinsip dasar.

  • Pertama – Bila cairan dipanaskan, ia menguap menjadi gas, dan bila gas didinginkan, ia mengembun menjadi cairan.
  • Kedua – Menurunkan tekanan di atas cairan mengurangi titik didihnya dan meningkatkan tekanan akan meningkatkannya.
  • Ketiga – Panas selalu mengalir dari panas menjadi dingin.

Siklus pendinginan dasar sama untuk pendingin uap dan pendingin penyerapan. Kedua sistem menggunakan pendingin cair yang mengubah fasa ke gas dalam suatu evaporator yang menyerap panas dari air yang akan didinginkan.

Gas pendingin kemudian dikompres ke tekanan yang lebih tinggi oleh kompresor atau generator, diubah kembali menjadi cairan dengan menolak panas melalui kondensor dan kemudian melebar ke campuran tekanan rendah cairan dan uap yang kembali ke bagian evaporator. Siklus diulang.

Pengisi kompresi uap terdiri dari empat komponen utama dari siklus pendinginan kompresi uap. Mereka termasuk kompresor, evaporator, kondensor dan perangkat metering. Gas refrigeran bertekanan dikirim dari kompresor ke unit kondensor yang menolak energi panas dari pendingin ke air pendingin atau udara di luar sistem. Pengalihan panas memungkinkan gas pendingin mengembun menjadi cairan yang kemudian dikirim ke perangkat metering. Perangkat metering membatasi aliran cairan pendingin yang menyebabkan penurunan tekanan. Penurunan tekanan menyebabkan cairan pendingin hangat mengubah fasa dari cairan menjadi gas dan dengan demikian menyerap panas dari air untuk didinginkan akibat penguapan kilatan adiabatik.

Perangkat metering diposisikan sehingga gas pendingin yang meluas terkandung di dalam evaporator, mentransfer energi panas dari air untuk didinginkan ke dalam gas pendingin. Gas pendingin yang hangat kemudian dikirim kembali ke kompresor untuk memulai siklus lagi dan air yang baru didinginkan di loop terpisah sekarang dapat digunakan untuk pendinginan.

Energi panas yang diserap oleh ac chiller perlu ditolak keluar dari sistem dan masuk ke atmosfer. Perangkat penolakan panas evaporatif yang disebut menara pendingin biasanya digunakan untuk menurunkan suhu air dalam sistem chiller besar.